Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Resmi Buka Sosialisasi Literasi Keuangan Bagi Pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Tarutung


Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Resmi Buka Sosialisasi Literasi Keuangan Bagi Pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Tarutung
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Utara Dr. Drs. Indra SH Simaremare, M.Si bersama Direktur Pengawasan Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsuman OJK Prov. Sumatera Utara Yovvi Sukandar, Pimpinan BRI Cabang Tarutung Arwan Zamhori, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Tapanuli Utara Marihot Simanjuntak, ST, M.Sc Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Tutur PT Simanjuntak, S.Sos, MM, Kabid UMKM Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Ruth M Lumbantobing, S.IP melaksanakan kegiatan sosialisasi literasi keuangan kepada pelaku UMKM Kabupaten Tapanuli Utara. Selasa (27/04/2024).
Dalam kesempatan tersebut Sekda Tapanuli Utara menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada narsumber dan seluruh pelaku UMKM peserta kegiatan sosialisasi literasi keuangan tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Tapanuli Utara.
Sekda juga menjelaskan bahwa peranan pemerintah daerah sangat besar dalam pemberdayaan masyarakat, banyak sekali sektor usaha UMKM yang potensial untuk dikembangkan namun terkendala oleh permasalahan teknis usaha, kualitas industri dan permodalan.
"Untuk itu, kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan salah satu perwujudan untuk meminimalisir dampak tersebut, yang mana Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) sendiri bertujuan mendorong atas ketersediaan akses keuangan yang luas kepada masyarakat untuk mendukung ekonomi daerah dan menggali potensi ekonomi daerah yang bisa dikembangkan dan disebarluaskan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan" ujar Sekda.
Selanjutnya Sekda menyampaikan apresiasi atas program yang telah dilakukan TPAKD Kabupaten Tapanuli Utara saat ini, dimana kolaborasi dengan rumah BUMN Tarutung dan OJK Sumatera Utara dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya dan mengatur cashflow dengan sebaik-baiknya sehingga UMKM terus berkembang dan juga mampu meningkatkan kesejahteraan.
"Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman-pemahaman kepada para pelaku UMKM terkait keuangan sehingga bisa mendorong pertumbuhan usaha dan kesejahteraan pelaku UMKM Tapanuli Utara" tutur Sekda.